Jumat, 15 April 2011

Assalamu'alaikum


Assalamu'alaikum wr wb


Siang itu saya berjalan di pusat berbelanjaan yang tentu ramai dikunjungi banyak orang. Saat melintas menuju  tempat parkir untuk pulang, mata saya terhenti pada sosok lelaki arab berkopiah yang tengah berdiskusi dengan istrinya yang berjubah dan bercadar serba hitam berdiri menghimpit kereta dorong bayi laki-laki mereka yang berusia sekitar 10 bulan (mungkin). Sang suami kemudian berlalu dari sisi istrinya, entah hendak pergi kemana. Anak laki-laki itu tampak lucu dengan kulit putih dan matanya yang bersinar, saya tersenyum manis menatap si bayi mungil saat melintas di sebelah ibu dan anak itu. 
"Assalamualaikum..", sapaan yang sama sekali tidak saya duga terlontar dari mulut Sang Ibu, untuk saya :)
"Wa'alaikumsalam.. ", jawab saya sambil berlalu dan sedikit terbengong-bengong. Entah bagaimana ekspresi wajah Sang Ibu itu, saya tidak bisa melihat dia tersenyum atau tidak (saya hanya bisa melihat matanya). Namun menurut saya dia juga mengembangkan senyumnya untuk saya. Ya, anggap saja seperti itu :)
Mungkin ini ya yang disebut dengan Ukhuwah Islamiyah seperti yang Guru saya pernah ceritakan. Senang sekali mendapat salam sapaan yang hangat dari sesama muslim walaupun tidak saling mengenal satu sama lain.
Assalamu alaikum (السلام عليكم as-salāmu `alaykum) merupakan salam dalam Bahasa Arab, dan digunakan oleh kultur Muslim. Salam ini adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Untuk yang mengucapkan salam, hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya. klik untuk pengertian lebih lengkap

Guru saya pernah menjelaskan sedikit materi Ukhuwah Islamiyah yang mengemukakan pentingnya menjalin hubungan baik antara sesama umat muslim. Sedikit gambaran kecil adalah ketika bertemu, sesama muslim mengucapkan salam seperti halnya kejadian yang saya jabarkan di atas ataupun ketika bertemu mengucap salam lalu saling berjabat tangan.


Ada suatu kisah jaman dahulu ketika keadaan masih jauh dari sistem dan teknologi yang serba canggih dan memudahkan manusia, seorang perempuan muslim rela berbasah-basahan dan menghadapi resiko menyebrangi sungai yang arusnya cukup deras demi bersalaman dengan muslimah lain yang sebenarnya dia belum mengenalnya lebih jauh. (Baru bertemu saat itu)




Adapun kisah dari Nabi Muhammad SAW tentang Ukhuwah Islamiyah yakni tentang bagaimana beliau tidak mau melepaskan jabatan tangan lebih dulu dengan orang yang disalaminya.
Manis sekali Ukhuwah Islamiyah ini, walaupun masih sebagian kecilnya saja :)

Semoga kita bisa melaksanakannya dengan baik untuk membahagiakan orang-orang sekitar kita. aamiin



semoga bermanfaat!^_^
Wassalamu'alaikum wr wb

2 komentar:

Anonim mengatakan...

judulne: assalamu'alaikum....
njawabne: ...??

aku.hanya.dieni mengatakan...

ya begitulah pokoknya. hihihihhih