Senin, 18 April 2011

Iseng-iseng Nulis (Tips Menulis Posting Blogger)

Assalamualaikum wr. wb:)


Membiasakan salam setiap mulai nulis posting...
Betewe Eniwei Buswei mau nulis apa ya?ahhahah... Ada 5 draft di Posting yang belum ter-publish nih...
Tapi sebelum itu, saya hendak berbagi tips tentang trik-trik supaya bisa menulis posting dengan baik dan apik (percaya gak percaya deh ya). Saya akui posting-posting saya yang terdahulu juga gak terlalu apik. Tapi paling tidak trik ini bisa digunakan kalau agan dan aganwati sekalian bingung mau menulis apa atau bingung gimana cara menulis. hihihihihi (kalah dong sama anak TK, mereka sudah bisa nulis loh)
Pertama :
- Sebelum mulai menulis ada beberapa ritual yang perlu anda lakukan :
1. Mandi (biar seger, fresh, muncul banyak ide daaaaan postingan jadi wangi)
2. Pake baju (biar gak masuk angin!ya iyalah.. ahhaha)
3. Makan (biar gak terjadi demo yang mengganggu konsentrasi - demo cacing dalam perut)
4. Sholat dan bismillah (biar syaiton-syaiton bingung mau menggoda dengan cara apa, ehhehe)
5. Kerjakan dulu tugas-tugas lain yang lebih penting (biar nulisnya gak ada gangguan)

6. Siapkan camilan bagi mulut anda yang mememahbiak
7. Tutup pintu kamar rapat-rapat (biar gak kedengeran kalau ada maling masuk rumah, na'udzubillah... kidding :p)
8. Carilah posisi yang paling nyaman untuk menulis
9. Online facebook, twitter, atau friendster mungkin?atau jejaring sosial yang lain biar g penasaran kalau ada notifikasi. hiihihi
10. Set facebook chat mode : off. Eh tapi jangan deh ya.. Sapa tau ada yang ngajak chat n bisa menambah inspirasi (gak konsisten)
11. Habis.

Kedua :
Setelah melakoni ritual-ritual di atas, yuk mari berangkat nulis posting untuk berbagi. Bingung soal tema?mau nulis apa??
hmmm.. Saya coba mention sedikit ya tentang tema-tema yang biasa saya tulis. Antara lain sebagai berikut :
1. Tulisan berdasarkan gambar (foto). Lihat foto di HP kalian yang banyaknya sejumlah ikan teri di kolam pancing, hihihihihi... dari foto-foto tersebut pasti ada beberapa atau mungkin banyak yang bisa kalian ceritakan. Entah dari kejadian lucu, momen indah bersama teman, saat-saat menyedihkan atau apapun lah. Pasti ada kisah dari setiap jepretan kamera HP kalian itu. :)
2. Tulisan berdasarkan kejadian yang baru dialami. Misal barusan di hukum guru karena lupa gak pake sepatu, ehheheh
3. Tulisan tentang kisah masa lalu yang tak terlupakan, suit.. suit...
4. Tulisan tentang orang-orang yang kita kagumi, cintai, sayangi, de es be.
5. Tulisan tentang hoby kita 
6. Tulisan tentang karya-karya kita. Misal suka nggambar, scan gambarnya-upload deh..
7. Tulisan berupa puisi
8. Tulisan tentang curhat (gak penting sepertinya, ehheheh). Kadang untuk menarik pengunjung, sebuah blog harusnya memuat lebih banyak ilmu, manfaat atau trik supaya pembaca tidak bosan. Tapi kalau tujuannya cuma sekedar share ya monggo.. (silahkan).. Suka-suka pemilik blog lha yaaa..
9. Tulisan nyampah... Tulisan serba geje yang g ada isi dan intinya (syaaah-syah sajaaaaa). Suka-suka pemilik blog part.2 ^_^

Ketiga : 
Tulis seada-adanya saja lah. Nanti juga mengalir isinya seperti apa. Selesai nulis, judulnya belakangan juga oke kok. Posting ini juga saya buat tanpa menulis judulnya dulu. Awalnya cuma pengen bercuap-cuap gak jelas, malah jadi begini. Tapi not bad lah. Belajar menulis dulu, padahal buku-buku baru saya di lemari memanggil-manggil minta dibaca. Sabar ya sayang, saya mau sedikit belajar jadi orang yang menciptakan kalian. Siapa tau bisa jadi penulis terkenal nantinya, ehhehe. Aamiin.

Oke, semoga trik yang agak geje di atas ini bisa sedikit membantu teman-teman yang kesulitan menulis posting untuk blog. Satu lagi, setiap postingan sebaiknya diberi gambar, supaya menarik...
Posting ini juga belum saya beri gambar, ehhheehhe

(cari-cari gambar dulu yaaa.. - give me 5 minutes!)

Ready!upload.. wait a minutes..
selesai..

Finishing - atur tata letak, jenis font, warna tulisan, letak gambar dan sebagainya. Pilih label yang sesuai dengan posting. Tulis judul. Cek preview - setelah oke, baru deh -> PUBLISH POST!



Happy Blogging!^_^

Wassalamualaikum wr. wb.

5 komentar:

boxoftea mengatakan...

yuhuuuuu.....^^ suka ini. pookoknya nulis.

cahaya ruh mengatakan...

daku mbayangne bisa nge-posting camilan nek blog... *hmmm...

aku.hanya.dieni mengatakan...

.ateh. nyampah yuuk!hahaha

.mister unyish. aku akan dengan hati senang membuka postinganmu setiap saat.. ahhahaha

boxoftea mengatakan...

hahhahah klo nyampah yg bisa di daur ulang terus bisa dimanfaatkan juga bagus toh.javascript:void(0).. ;p

satriawati mengatakan...

xixixiix,.. lucu saranyaa,.. tapi asiiiik,.. =)

bgs lah buat pemula kyk aq,..